Warga Kabupaten TTU Serahkan Senjata Api Rakitan Secara Sukarela ke Satgas Yonkav 6 Naga Karimata

KEFAMENANU, TIMME – Pos Nelu Satgas Yonkav 6/Naga Karimata memperlihatkan kebersamaan yang erat dengan masyarakat Desa Bakitolas, Kecamatan Naibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan mendapatkan sukarela satu pucuk senjata jenis Flintlock dari seorang warga yang berinisial BF.

Dalam keterangan resmi yang dirilis pada Kamis (2/5/2024), Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 6/Naga Karimata, Letkol Kav Ronald Tampubolon, S.H., M.Han., menjelaskan bahwa penyerahan senjata api tersebut adalah bukti konkret dari kedekatan yang terjalin antara Pos Nelu Satgas Yonkav 6/Naga Karimata dengan masyarakat di desa tersebut.

Proses penyerahan senjata Flintlock oleh BF bermula dari pelayanan kesehatan yang intensif yang diberikan oleh anggota Takes Pos Nelu, Prada Andi Pratama. BF, yang sering mengeluh mengalami masalah kesehatan seperti diare dan batuk berdahak, menerima bantuan dan wawasan tentang pengobatan dari anggota Pos Nelu.

Melalui komunikasi sosial (komsos) yang intens, BF akhirnya berbagi informasi tentang kepemilikan senjata rakitan jenis Flintlock yang diwariskan dari orangtuanya, seorang pejuang Timor-Timor pada tahun 1999.

“Bapak BF mengatakan bahwa senjata tersebut merupakan peninggalan orangtuanya yang merupakan pejuang Timor-Timor pada tahun 1999,” ujarnya.

Sebelumnya, pada tanggal 1 Maret 2024, Danpos Nelu Letda Kav Ari Nugraha Ritonga bersama dengan 5 anggota lainnya melaksanakan kegiatan komsos yang dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai sanksi pidana terkait kepemilikan senjata api ilegal sesuai Pasal 1 ayat (1) UU Darurat No.12 Tahun 1951 kepada BF.

Setelah berdiskusi intensif mengenai sanksi-sanksi hukum terkait kepemilikan senjata ilegal, BF dengan sukarela menyerahkan 1 (satu) pucuk senjata rakitan jenis Flintlock kepada Danpos Nelu, yang kemudian dilaporkan kepada Dan SSK III Kapten Kav Edianto Simangunsong untuk diamankan di Mako Satgas.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *