BPBD TTU adakan simulasi peringati HKBN

Kefamenanu, TIMME– Sebagai wujud memperingati hari kesiapsiagaan bencana Nasional (HKBN) yang di peringati setiap tanggal 26 April, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) bersama Tagana, TNI/Polri, Satpol PP serta dinas terkait menggelar Simulasi penanganan bencana.

Bertepatan dengan hari kesiapsiagaan bencana itu, pihak BPBD melakukan simulasi berkaitan dengan pembangunan tenda posko bencana serta simulasi penanganan kebakaran.

Demikian disampaikan Kepala BPBD Kabupaten TTU, Dra. Yosefina Lake saat ditemui wartawan usai melakukan simulasi memperingati hari penanganan Bencana Nasional, di lapangan oemanu, Kecamatan Kota Kefamenanu, kabupaten TTU, Selasa (26/04/2022).

“Memperingati HKBN, kami (BPBD TTU-red) lakukan simulasi kepada rekan-rekan kita supaya bisa mengetahui bagaimana cara memasang tenda apabila ada kejadian bencana”, Jelasnya.

Dan juga, lanjutnya, kami juga melakukan simulasi terkait penanganan awal bagaimana cara memadamkan api apabila terjadi kebakaran.

“itu bukan saja kebakaran rumah tapi mungkin kompor meledak sehingga mereka bisa matikan api sebelum tim pemadam kebakaran tiba di lokasi”, ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya simulasi ini dapat memberikan contoh dan dampak yang baik bagi instansi terkait dan TNI Polri untuk selalu bersama dan selalu bergandeng tangan memutuskan persoalan bencana di lapangan.

Menurutnya, peringatan hari kesiapsiagaan bencana nasional tersebut bertujuan memberikan edukasi terkait budaya sadar bencana di daerah rawan bencana di Indonesia.

“Dengan adanya Hari Kesiapsiagaan Bencana, diharapkan bisa membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana”, Tuturnya.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta dan berpartisipasi aktif dalam proses penanganan bencana didaerah.

Sebagai tanda memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2022, BPBD bersama TNI/Polri secara serentak membunyikan sirine, pada jam 10.00 waktu setempat.(TIM)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *